Powered By Blogger

Senin, 16 April 2012

Algoritma dan Pemrograman

Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman merupakan sebuah program aplikasi.
Bahasa pemrograman adalah bahasa yang berfungsi menterjemahkan instruksi-instruksi untuk melakukan pekerjaan tertentu menjadi instruksi-instruksi yang dimengerti oleh komputer.

Jenis-jenis Bahasa pemrograman yaitu:
1. Bahasa Aras rendah /Low level language
    Disebut aras rendah karena bahasa ini, masih sulit dimengerti atau kurang mencerminkan bahasa manusia. Ada 2 tingkat bahasa aras rendah yaitu:
a.    Bahasa Mesin (machine language). Bahasa ini sebenarnya yang dimengerti oleh mesin/komputer.
    ex: 1(on)
    0(off)

b.    Bahasa Rakitan (Assembling language). Bahasa ini sudah menggunakan instruksi-instruksi pendek yang disebut dengan mnemonic tetapi instruksi-instruksi sangat tergantung pada hardware yang digunakan.
    Ex:    mnemonics untuk hardware Intel
            LDA berarti load, STO berarti store , dsb.

2. Bahasa Aras Tinggi/High level language
    Bahasa-bahasa ini sangat popular karena mudah dipelajari dan instruksi-instruksinya sudah mencerminkan bahasa manusia dalam bahasa Inggris. Misalnya untuk membaca digunakan read, untuk menulis digunakan write, dsb.
    Dikatakan bahasa tak terstruktur karena programmer diizinkan untuk meloncat dari satu baris ke baris lain dengan sesukanya sehingga menyebabkan program menjadi semrawut. Bahasa pemrograman yang masih menggunakan paradigma ini adalah Bahasa Fortran (Formula translator), Bahasa Basic, Quick Basic, dsb.
Sehingga berkembang bahasa pemrograman terstruktur yaitu bahasa yang tidak memperkenankan melakukan loncatan-loncatan yang lebih popular dengan goto-less language.
Bahasa pemrograman yang menganut paradigma ini antara lain Bahasa Pascal, Bahasa C, dan lain sebagainya.
c.4 GLs (Forth Generation Language)
    Alam pikir manusia terus berkembang, mereka memperhatikan sekeliling mereka tingkah laku mereka, dst. sehingga muncul pemrograman berorientasi Objek.
    Ide dasar pemrograman berorientasi object ini adalah mengkombinasikan data dan fungsi menjadi kesatuan yang disebut objek.
ternyata untuk membuat suatu window memerlukan sekian banyak instruksi, begitu juga untuk membuat menu memerlukan sekian banyak instruksi, padahal hal tersebut sering sekali diperlukan dalam membuat program, lebih-lebih program yang interactive.
Sehingga muncul bahasa pemrograman visual (visual programming). Dengan menggunakan visual programming ini pembangunan sebuah aplikasi menjadi sangat cepat, sehingga bahasa-bahasa dengan paradigma ini disebut sebagai bahasa RAID (Rapid Application Development)
Bahasa pemrograman yang menganut paradigma ini antara lain: Visual Basic, Borland C++ Builder, Visual C++, Delphi, dan sebagainya.
Beberapa langkah dalam proses pembuatan suatu program atau software :
    1. Mendefinisikan masalah dan menganalisanya
    Langkah awal yang harus dilakukan adalah mengidentifikasikan masalah antara lain tujuan dari pembuatan program, parameter-parameter yang digunakan, fasilitas apa saja yang akan disediakan oleh program. Kemudian menentukan metode atau algoritma apa yang akan diterapkan untuk menyelesaikan masalah tersebut dan terakhir menentukan bahasa program yang digunakan untuk pembuatan program.
2.Merealisasikan dengan langkah-langkah berikut :


Algoritma
adalah urutan langkah-langkah logika yang menyatakan suatu tugas dalam menyelesaikan suatu masalah atau problem.
Komputer memerlukan urutan langkah-langkah yang tegas untuk melaksanakan suatu pekerjaan tertentu. Urutan langkah-langkah ini disebut dengan Algoritma.
    Misalnya algoritma untuk membuat secangkir kopi adalah:
        1. Ambil sebuah cangkir
        2. Masukan 2 sendok the gula kedalam cangkir
        3. Masukan 1 sendok the kopi kedalam cangkir
        4.Tuangkan air mendidih
        5.Aduk sampai rata
        6.Kopi siap dihidangkan.
Contoh : Buat algoritma penambahan dua buah bilangan.
Algoritmanya:
1.    Masukkan sebuah bilangan sembarang pertama
2.    Masukkan sebuah bilangan sembarang kedua
3.    Hitung hasil penambahan bilangan pertama dan kedua.
4.    Tampilkan hasil penambahan
Flowchart
Representasi grafis dari langkah – langkah yang harus diikuti dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang terdiri atas sekumpulan simbol, dimana masing – masing simbol merepresentasikan kegiatan tertentu,
Flowchart diawali dengan penerimaan input dan diakhiri dengan penampilan output
Simbol-simbol Flowchart

1 komentar: