Powered By Blogger

Jumat, 20 April 2012

Multimedia


KONSEP MULTIMEDIA

DEFINISI MULTIMEDIA
MULTI [latin nouns]: banyak, bermacam-macam
MEDIUM [latin]       : sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu 
MEDIUM [American Heritage Electronic Dictionary, 1991] : alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi
Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi dan video. 
Beberapa definisi menurut beberapa ahli :
1.    Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996);
2.    Kombinasi dari 3 (tiga) elemen : suara, gambar dan teks (McComick, 1996);
3.    Kombinasi dari paling sedikit 2 (dua) media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002);
4.    Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001);
5.    Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah : pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.

Sedangkan menurut wikipedia. org :
Multimedia is the use of sevral different media to convey information (text, audio, graphics, animation, video and interactivity). Multimedia also refers to computer data storage device, especially those used to store multimediantent.

DEFINISI KOMPUTER MULTIMEDIA
Menurut wikipedia.org :
Komputer Multimedia adalah sebuah komputer yang dikonfigurasikan sesuai dengan rekomendasi dan memiliki sebuah CD-ROM. Standarisasi komputer multimedia dilakukan oleh “Multimedia PC Marketing Council”, sebuah kelompok kerja dari sebuah perusahaan yang dahulu bernama Software Publishers Association (sekarang bernama Software and Information Industry Association). Perusahaan ini merupakan gabungan dari Microsoft, Creative Labs, Dell, Gateway dan Fujitsu.

Kenapa CD-ROM?
Karena dahulu multimedia sebatas hanya kemampuan komputer untuk menampilkan video melalui sebuah CD-ROM saja.

Standar Komputer Multimedia menurut Software and Information Industry Association adalah :
Ø  Pada tahun 1990
·         16 MHz 386SX CPU
·         2 MB RAM
·         30 MB Hard Disk
·         256-color, 640 x 480 VGA video card
·         1x CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read, with <1 second seek time
·         Sound card outputting 22 kHz, 8-bit sound; and inputting 11 kHz, 8-bit sound
·         Windows 3.0 with Multimedia Extensions. 

Ø  Pada tahun 1993
·         25 MHz 486SX CPU
·         4 MB RAM
·         160 MB Hard Disk
·         16-bit color, 640x480 VGA video card
·         2x CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read at 1x, with < 400 ms seek time
·         Sound Card outputting 44 kHz, 16-bit sound
·         Windows 3.0 with Multimedia Extensions, or Windows 3.1

Ø  Pada tahun 1996
·         75 MHz Pentium CPU
·         8 MB RAM
·         540 MB Hard Disk
·         Video system that can show 352x240 at 30 frames per second, 15-bit color
·         MPEG-1 hardware or software video playback
·         4x CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read, with < 250 ms seek time
·         Sound Card outputting 44 kHz, 16-bit sound
·         Windows 3.11
KELEBIHAN MULTIMEDIA

Dari berbagai media informasi, multimedia memilki suatu kelebihan tersendiri yang tidak dapat digantikan oleh penyajian media informasi lainya.

Kelebihan dari multimedia adalah menarik indra dan menarik minat, karena merupakan gabungan antara pandangan,suara dan gerakan.

Lembaga riset dan penerbitan komputer yaitu Computer Technology Research (CTR) menyatakan bahwa orang hanya mampu mengingat 20 %  dari yang dilihat  dan 30 % dari yang didengar. Tetapi orang mengingat 50 %  dari yang dilihat dan didengar dan 80 % dari yang dilihat, didengar dan dilakukan sekaligus.
                                                 
KOMPONEN MULTIMEDIA

Menurut James A. Senn, multimedia terbagi dalam beberapa element-element multimedia, seperti yang rerlihat  dibawah ini :

         
a.    Teks

Bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikendalikan adalah teks. Teks dapat membentuk kata, surat atau narasi dalam multimedia yang menyajikan bahasa. Kebutuhan teks bergantung kepada penggunaan aplikasi multimedia.

b.    Image (grafik)
Alasan untuk menggunakan gambar dalam presentasi atau publikasi multimedia adalah karena lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks. Gambar dapat meringkas menyajikan data yang kompleks dengan cara yang baru dan lebih berguna. Gambar juga dapat berfungsi sebagai ikon, yang bila dipadukan dengan teks, merupakan opsi yang bisa dipilih.


c.    Bunyi (audio)
PC multimedia tanpa bunyi hanya disebut unimedia, bukan multimedia. Bunyi dapat ditambahkan dalam multimedia melalui suara, musik dan efek-efek suara. Seperti halnya grafis, dapat membeli ataupun menciptakan sendiri.

d.    Video
Video menyediakan sumberdaya yang kaya dan hidup bagi aplikasi multimedia.

e.    Animasi
Dalam multimedia, animasi merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layer.

SISTEM MULTIMEDIA
A multimedia system is any system wihch supports more than a single kind of media [AHD 1991].
Atau dengan kata lain
Sistem yang bertugas untuk memproses, menyimpan, memanipulasi dan menghasilkan sebuah multimedia

Bagaimana sistem bisa disebut sebagai multimedia?
1.   Kombinasi Media
Sistem disebut sistem multimedia jika kedua jenis media (continous/distcrete) dipakai. Contoh media diskrit : teks dan gambar, dan media kontinu adalah audio dan video.
2.   Independence
Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah keterkaitan antar media tersebut. Sistem disebut sistem multimedai jika tingkat ketergantungan/keterkaitan antar media tersebut rendah.
3.   Computer-supported Integration
Sistem harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh komputer. Sistem dapat diprogram oleh system programmer/user.

Sistem Multimedia dapat dibagi menjadi :
1.   Sistem Multimedia Stand Alone
Sistem ini berati merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic), dan output (speaker, monitor, LCD Proyektor), VGA dan Soundcard.
2.   Sistem Multimedia Berbasis Jaringan
Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwith yang besar. Perbedaannya adalah adanya sharing sistem dan pengaksesan terhadap sumber daya yang sama. Contoh: video converence dan video broadcast.
Permasalahan: bila bandwith kecil, maka akan terjadi kemacetan jaringan, delay dan masalah infrastruktr yang belum siap.

SEJARAH PERKEMBANGAN MULTIMEDIA
·         Istilah multimedia berawal dari teater, bukan komputer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari suatu medium seringkali disebut pertunjukan multimedia
·         Pertunjukan multimedia mencakup: monitor video, synthesized band, dan karya seni manusia sebagai bagian dari pertunjukan.
·         Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an ketika Apple memperkenalkan Hypercard (1987)
·         IBM (1989) à Audio Visual Connection (AVC) dan video adapter card bagi PS/2.

PERKEMBANGAN MULTIMEDIA
Menurut Morgan Stanley:
      Untuk mencapai sebanyak 50 juta pengguna di Amerika Serikat:
      Televisi membutuhkan waktu 13 tahun
      TV Kabel à 10 tahun
      Internet à 5 tahun
      Perkembangan multimedia mengikuti perkembangan internet
      Jumlah pengguna internet meningkat sangat pesat akhir-akhir ini
      Pengguna CD-ROM drive mencapai lebih dari 200 juta, DVD drive mulai menggantikan CD-ROM drive
      Layanan multimedia online sedang mengalami booming
      Teknologi komputer, elektronik dan komunikasi menciptakan infrastruktur multimedia à mobile multimedia

MULTIMEDIA PC
      Multimedia PC merupakan standar sistem komputer yang menyediakan fasilitas multimedia.
      Multimedia PC terdiri dari sebuah komputer dengan:
      CD-ROM drive / DVD Drive
      Sound Card (untuk recording dan playback)
      Multimedia (Music/Movie) Player
      RAM dan HARD DISK yang mencukupi
      Graphics Adapter
      Speaker
DAMPAK PENGGUNAAN MULTIMEDIA
Mengapa Multimedia?
Multimedia dapat digunakan dalam:
      Bidang periklanan yang efektif dan interaktif
      Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik
      Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif
      Presentasi bisnis sehingga dapat meningkatkan kualitas dan daya saing perusahaan

Multimedia Mengubah Dunia
      Multimedia telah mendefiniskan ulang sistem komunikasi sebagai bagian dari infrastruktur masyarakat.
      Multimedia memudahkan perusahaan melakukan merger dan aliansi, berkantor dari rumah, home shopping, bisnis dan iklan, penerbitan elektronik, proses belajar-mengajar, rekayasa ulang perusahaan hingga alat pasar massa

Pengaruh Penggunaan Multimedia
      Mengubah tempat kerja
Þ    Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor.
Þ    Contoh software yang mendukung teleworking/telecommuting:  Netmeeting!
      Mengubah cara belanja
Þ    Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya.
      Mengubah cara bisnis
Þ    Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking.
      Mengubah cara memperoleh informasi
Þ    Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi.
Þ    Misalnya: membaca koran online, detik.com, menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak lagi.
      Mengubah cara belajar
Þ    Sekolah mulai menggunakan komputer multimedia, belajar online, menggunakan e-book.
      Mengubah cara menikmati hiburan
Þ    Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar