KONSEP
MULTIMEDIA
DEFINISI
MULTIMEDIA
MULTI
[latin nouns]: banyak, bermacam-macam
MEDIUM [latin] : sesuatu yang dipakai untuk
menyampaikan atau membawa sesuatu
MEDIUM [American Heritage Electronic Dictionary, 1991] : alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi
MEDIUM [American Heritage Electronic Dictionary, 1991] : alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi
Multimedia dapat diartikan sebagai
penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan
informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi dan video.
Beberapa definisi menurut beberapa
ahli :
1.
Kombinasi
dari komputer dan video (Rosch, 1996);
3.
Kombinasi
dari paling sedikit 2 (dua) media input atau output. Media ini dapat berupa
audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002);
4.
Alat
yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang
mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001);
5.
Multimedia
dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah : pemanfaatan komputer
untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video dengan menggunakan
tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
Sedangkan menurut wikipedia. org :
Multimedia
is the use of sevral different media to convey information (text, audio,
graphics, animation, video and interactivity). Multimedia also refers to
computer data storage device, especially those used to store multimediantent.
DEFINISI
KOMPUTER MULTIMEDIA
Menurut wikipedia.org :
Komputer Multimedia adalah sebuah
komputer yang dikonfigurasikan sesuai dengan rekomendasi dan memiliki sebuah
CD-ROM. Standarisasi komputer multimedia dilakukan oleh “Multimedia PC
Marketing Council”, sebuah kelompok kerja dari sebuah perusahaan yang dahulu
bernama Software Publishers Association (sekarang bernama Software and
Information Industry Association). Perusahaan ini merupakan gabungan dari
Microsoft, Creative Labs, Dell, Gateway dan Fujitsu.
Kenapa CD-ROM?
Karena dahulu multimedia sebatas
hanya kemampuan komputer untuk menampilkan video melalui sebuah CD-ROM saja.
Standar Komputer Multimedia menurut
Software and Information Industry Association adalah :
Ø
Pada
tahun 1990
·
16
MHz 386SX CPU
·
2
MB RAM
·
30
MB Hard Disk
·
256-color,
640 x 480 VGA video card
·
1x
CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read, with <1 second seek time
·
Sound
card outputting 22 kHz, 8-bit sound; and inputting 11 kHz, 8-bit sound
·
Windows
3.0 with Multimedia Extensions.
Ø
Pada
tahun 1993
·
25
MHz 486SX CPU
·
4
MB RAM
·
160
MB Hard Disk
·
16-bit
color, 640x480 VGA video card
·
2x
CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read at 1x, with < 400 ms seek
time
·
Sound
Card outputting 44 kHz, 16-bit sound
·
Windows
3.0 with Multimedia Extensions, or Windows 3.1
Ø
Pada
tahun 1996
·
75
MHz Pentium CPU
·
8
MB RAM
·
540
MB Hard Disk
·
Video
system that can show 352x240 at 30 frames per second, 15-bit color
·
MPEG-1
hardware or software video playback
·
4x
CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read, with < 250 ms seek time
·
Sound
Card outputting 44 kHz, 16-bit sound
·
Windows
3.11
KELEBIHAN
MULTIMEDIA
Dari
berbagai media informasi, multimedia memilki suatu kelebihan tersendiri yang
tidak dapat digantikan oleh penyajian media informasi lainya.
Kelebihan dari multimedia adalah menarik
indra dan menarik minat, karena merupakan gabungan antara pandangan,suara dan
gerakan.
Lembaga riset dan penerbitan komputer yaitu Computer Technology Research
(CTR) menyatakan bahwa orang hanya mampu mengingat 20 % dari yang dilihat dan 30 % dari yang didengar. Tetapi orang
mengingat 50 % dari yang dilihat dan
didengar dan 80 % dari yang dilihat, didengar dan dilakukan sekaligus.
KOMPONEN
MULTIMEDIA
Menurut James A. Senn, multimedia
terbagi dalam beberapa element-element multimedia, seperti yang rerlihat dibawah ini :
a. Teks
Bentuk data multimedia
yang paling mudah disimpan dan dikendalikan adalah teks. Teks dapat membentuk
kata, surat atau narasi dalam multimedia yang menyajikan bahasa. Kebutuhan teks
bergantung kepada penggunaan aplikasi multimedia.
b. Image (grafik)
Alasan untuk menggunakan
gambar dalam presentasi atau publikasi multimedia adalah karena lebih menarik
perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks. Gambar
dapat meringkas menyajikan data yang kompleks dengan cara yang baru dan lebih berguna.
Gambar juga dapat berfungsi sebagai ikon, yang bila dipadukan dengan teks,
merupakan opsi yang bisa dipilih.
c.
Bunyi
(audio)
PC multimedia tanpa bunyi hanya disebut unimedia,
bukan multimedia. Bunyi dapat ditambahkan dalam multimedia melalui suara, musik
dan efek-efek suara. Seperti
halnya grafis, dapat membeli ataupun menciptakan sendiri.
d.
Video
Video menyediakan
sumberdaya yang kaya dan hidup bagi aplikasi multimedia.
e.
Animasi
Dalam multimedia, animasi
merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layer.
SISTEM
MULTIMEDIA
A
multimedia system is any system wihch supports more than a single kind of media
[AHD 1991].
Atau dengan kata lain
Sistem yang bertugas untuk memproses,
menyimpan, memanipulasi dan menghasilkan sebuah multimedia
Bagaimana sistem bisa disebut sebagai
multimedia?
1. Kombinasi
Media
Sistem disebut sistem
multimedia jika kedua jenis media (continous/distcrete)
dipakai. Contoh media diskrit : teks dan gambar, dan media kontinu adalah audio
dan video.
2. Independence
Aspek utama dari jenis
media yang berbeda adalah keterkaitan antar media tersebut. Sistem disebut
sistem multimedai jika tingkat ketergantungan/keterkaitan antar media tersebut
rendah.
3. Computer-supported
Integration
Sistem harus dapat
melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh komputer. Sistem dapat diprogram oleh
system programmer/user.
Sistem Multimedia dapat dibagi
menjadi :
1. Sistem
Multimedia Stand Alone
Sistem ini berati
merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk,
CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic), dan
output (speaker, monitor, LCD Proyektor), VGA dan Soundcard.
2. Sistem
Multimedia Berbasis Jaringan
Sistem ini harus
terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwith
yang besar. Perbedaannya adalah adanya sharing
sistem dan pengaksesan terhadap sumber daya yang sama. Contoh: video converence
dan video broadcast.
Permasalahan: bila bandwith kecil, maka akan terjadi
kemacetan jaringan, delay dan masalah infrastruktr yang belum siap.
SEJARAH
PERKEMBANGAN MULTIMEDIA
·
Istilah multimedia berawal dari teater, bukan komputer.
Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari suatu medium seringkali disebut
pertunjukan multimedia
·
Pertunjukan
multimedia mencakup: monitor video, synthesized band, dan karya seni manusia
sebagai bagian dari pertunjukan.
·
Sistem
multimedia dimulai pada akhir 1980-an ketika Apple memperkenalkan Hypercard
(1987)
·
IBM (1989) à
Audio Visual Connection (AVC) dan video adapter card bagi PS/2.
PERKEMBANGAN
MULTIMEDIA
Menurut Morgan Stanley:
•
Untuk mencapai sebanyak 50 juta pengguna di Amerika
Serikat:
–
Televisi membutuhkan waktu 13 tahun
–
TV Kabel à
10 tahun
–
Internet à 5
tahun
• Perkembangan multimedia mengikuti perkembangan
internet
• Jumlah
pengguna internet meningkat sangat pesat akhir-akhir ini
• Pengguna CD-ROM drive mencapai lebih
dari 200 juta, DVD drive mulai menggantikan CD-ROM drive
•
Layanan multimedia online sedang mengalami booming
• Teknologi
komputer, elektronik dan komunikasi menciptakan infrastruktur multimedia à mobile
multimedia
MULTIMEDIA
PC
• Multimedia PC merupakan standar
sistem komputer yang menyediakan fasilitas multimedia.
•
Multimedia PC terdiri dari sebuah komputer dengan:
–
CD-ROM drive / DVD Drive
–
Sound Card (untuk recording dan playback)
–
Multimedia (Music/Movie) Player
–
RAM dan HARD DISK yang mencukupi
–
Graphics Adapter
–
Speaker
DAMPAK
PENGGUNAAN MULTIMEDIA
Mengapa
Multimedia?
Multimedia
dapat digunakan dalam:
•
Bidang periklanan yang efektif
dan interaktif
•
Bidang pendidikan dalam
penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah
pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi,
teks, dan grafik
•
Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan
website yang menarik, informatif, dan interaktif
• Presentasi
bisnis sehingga dapat meningkatkan kualitas dan daya saing perusahaan
Multimedia
Mengubah Dunia
•
Multimedia telah mendefiniskan ulang sistem komunikasi
sebagai bagian dari infrastruktur masyarakat.
• Multimedia
memudahkan perusahaan melakukan merger dan aliansi, berkantor dari rumah, home
shopping, bisnis dan iklan, penerbitan elektronik, proses belajar-mengajar,
rekayasa ulang perusahaan hingga alat pasar massa
Pengaruh Penggunaan Multimedia
•
Mengubah tempat kerja
Þ Dengan
adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus
dari kantor.
Þ
Contoh software yang mendukung teleworking/telecommuting:
Netmeeting!
• Mengubah
cara belanja
Þ Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet,
kemudian barang datang dengan sendirinya.
•
Mengubah cara bisnis
Þ
Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak
perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking.
•
Mengubah cara memperoleh informasi
Þ Orang-orang
mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi.
Þ
Misalnya: membaca koran online, detik.com,
menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak
lagi.
• Mengubah
cara belajar
Þ Sekolah mulai menggunakan komputer multimedia,
belajar online, menggunakan e-book.
• Mengubah
cara menikmati hiburan
Þ
Internet Multimedia juga
mulai bersaing dengan televisi dan radio.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar